Malam Ini Trio Persib Berjuang Akhiri Penantian 65 Tahun Sepak Bola Jabar

Gian Zola Nugraha. Simamaung.com
Tim sepak bola Jawa Barat malam ini berpeluang mengakhiri penantian panjang selama 65 tahun tanpa kalungan medali emas di pesta multieven olahraga nasional, PON.

Jabar terakhir kali meraih emas pada PON II/1951 di Jakarta usai mengandaskan tuan rumah yang ketika itu masih mengusung nama Jakarta Raya.

Setelah itu Jabar tak pernah lagi merasakan manisnya meraih emas PON. Termasuk ketika Persib dihuni generasi emas di era 1980'an dan 1990'an ketika cabor sepak bola PON belum menerapkan aturan batas minimal usia 23 tahun pada PON 1996.

Kini selang setengah abad lebih, kesempatan mengulang sejarah di PON 1951 datang. Melihat performa Gian Zola Cs sejak babak penyisihan, publik sepak bola Jabar boleh berharap medali emas prestisius bakal diraih Jabar.

Dengan mengandalkan sejumlah pemain jebolan Diklat Persib, plus tiga di antaranya tercatat berstatus sebagai penggawa Persib senior yakni Gian Zola, Febri Hariyadi, dan Deden M Natshir, Jabar sejauh ini menorehkan rekor 100 persen kemenangan. Termasuk ketika membekap Sulsel 4-2 di babak delapan besar yang menggunakan format setengah kompetisi.

Meski sedang dalam tren menanjak namun Pelatih Jabar Lukas Tumbuan meyakini jika Sulsel akan tampil beda dibandingkan sebelumnya dan dia sudah menekankan kepada anak asuhnya untuk tidak menganggap remeh Sulsel.

"Pelatih Sulsel Pak Syamsuddin pernah duduk satu meja dengan saya dan kami sama-sama memiliki komitmen untuk serius mengejar medali emas di cabang olahraga sepak bola ini," tutur Lukas.

Pertandingan final sepak bola PON 2016 akan digelar malam ini dengan jadwal kick off mulai pukul 19.00 WIB dan rencananya disiarkan secara live oleh MNCTV. Publik sepak bola Jabar sendiri bisa menyaksikan langsung laga ini di stadion tanpa dipungut biaya karena panitia menerapkan kebijakan tiket gratis. Artinya memberlakukan sistem tiket tapi tak dijual.

"Sejak fase grup jadwal sudah sangat ketat, kami harus pintar melakukan rotasi agar stamina pemain bisa pulih kembali," pungkasnya.(*)

Komentar