Turnamen ISC Libur, Pemain Persegres Ini Jadi Petani

Yusuf Effendi. Indonesiansc.com
Usai menumbangkan Barito Putera pada pekan ke-20 ISC 2016, Senin (19/9/2016), skuat Persegres Gresik United sempat mendapat liburan dan kembali berlatih, Jumat (23/9/2016) sore di Stadion Petrokimia.

Kesempatan libur itu tidak disia-siakan oleh salah satu penyerang Persegres, Yusuf Efendi. Pemain berusia 28 tahun ini memilih pulang ke kampung halamannya yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur.

"Pulang kampung bertemu dengan keluarga, adalah sebuah anugerah, karena bisa bertemu dengan orang-orang yang sangat saya cintai selama ini, yang selama momentum itu jarang didapatkan, lantaran aktivitas saya sebagai pemain Persegres," ucap Yusuf seperti dilansir Kompas.com.

"Bertemu dengan keluarga, adalah obat mujarab untuk mengembalikan semangat hidup, untuk bisa lebih baik dalam mengejar prestasi bersama tim yang saya perkuat saat ini," kata dia.

Sehari setelah duel melawan Barito, Yusuf langsung bertolak menuju kampung halamannya di Dusun Maron, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, Banyuwangi. Anak bungsu dari tiga bersaudara pasangan Chaerudin dan Mulyani ini, memilih untuk kembali merasakan sebagai seorang petani dalam liburan selama tiga hari tersebut.

Dia mengaku tidak segan menanggalkan statusnya sebagai pesepak bola profesional. Yusuf kembali merasakan sebagai seorang petani.

"Sebab saya sendiri adalah anak seorang petani, dan saya bangga dengan itu. Kebetulan juga, sawah yang dikelola oleh orang tua, kemarin juga baru saja panen, sehingga bisa bantu-bantu orang di rumah," tutur Yusuf.

Ia lantas menceritakan, jika pada kesempatan tersebut dirinya turut membantu keluarganya menjemur gabah pascapanen. Dia terlibat saat menggelar terpal sebagai alas jemuran gabah, maupun saat mengangkat gabah dan memasukkannya kembali ke karung usai dijemur.

"Pekerjaan seperti itu, sudah saya lakukan sejak kecil. Jadi saya tidak canggung, karena sudah terbiasa," ujar penyerang lubang milik Persegres tersebut.

Namun mulai Jumat (23/9/2016), Yusuf harus sejenak melupakan kesibukannya di kampung halaman tersebut, untuk kembali berlatih bersama skuad Persegres. Karena, pada 2 Oktober 2016 mendatang, tim Laskar Joko Samudro sudah ditunggu PS TNI dalam rangkaian pekan ke-21 ISC 2016.(*)

Komentar