Duel PSM Kontra Persib Tanpa 'Si Biang Kerok'

Achmad Hisyam Tolle. Indonesiansc.com

PSM Makassar dan Persib Bandung sama-sama harus melakoni laga akhir pekan ini di Stadion Andi Matalatta, Makassar, Sabtu (29/10/2016), tanpa sejumlah pilar andalannya.

Baik Juku Eja dan Maung Bandung menghadapi problem identik, sama-sama harus merelakan pemainnya 'dipinjam' oleh timnas Indonesia. Persib mengirim Zulham Zamrun dan Yanto Basna, sedangkan PSM melepas Ferdinand Alfred Sinaga dan Rizky Pellu.

Masalah lainnya yang dihadapi kedua tim adalah problem cedera dan sanksi. Jika Persib kemungkinan besar masih harus menyimpan I Made Wirawan yang sedang dalam tahap pemulihan cedera, maka PSM tak bisa memainkan salah satu bek andalannya Achmad Hisyam Tolle.

Tolle harus menjalani hukuman larangan bermain setelah mendapatkan kartu merah di laga sebelumnya melawan Pusamania Borneo FC, Jumat (21/10/2016). Pemain yang sempat membela Sriwijaya FC itu diusir wasit setelah terlibat keributan dengan pemain PBFC Gerald Pangkali yang juga diganjar kartu merah pada menit ke-56.

Meski dinilai punya kualitas cukup baik dan salah satu bek muda potensial, namun perangai buruk Tolle di lapangan selama ini jadi kekurangan paling menonjol dari pemain berusia 22 tahun itu. Ulahnya di lapangan karena sulit mengontrol emosi membuat Tolle pantas dijuluki 'Biang Kerok'.

Sebelumnya Tolle pernah jadi perhatian sekaligus membuat Pelatih PSM Robert Rene Alberts marah dan kecewa oleh tindakannya setelah melakukan pemukulan terhadap pemain tim sepak bola PON Sulawesi Selatan dalam laga uji coba, Agustus lalu.

Terakhir adalah ulah Tolle yang membuatnya harus menerima kartu merah di kandang PBFC setelah ribut dengan Gerald Pangkali. Padahal saat itu PSM tengah unggul 1-0 dan insiden tersebut sedikit banyak memengaruhi permainan dan soliditas Juku Eja di lapangan, terutama di lini belakang. Entah kebetulan atau tidak, setelah Tolle keluar gawang PSM empat kali dijebol PBFC.(*)

Komentar