The Next Boaz yang Nyaris Gabung ke Persib Ini Mulai Terpinggirkan

Ricky Kayame melakukan selebrasi usai menjebol gawang PS TNI di Stadion Pakansari, Bogor. Indonesiansc.com
Digadang-gadang bakal jadi The Next Boaz Solossa, Ricky Kayame malah terlihat terbebani oleh julukan tersebut. Faktanya dia belum menunujukkan tanda-tanda layak menyandang status penerus Boaz, masih sulit beranjak dari bayang-bayang legenda hidup Persipura Jayapura itu.

Di saat Boaz absen karena harus membela timnas, penyerang kelahiran 21 September 1993 yang nyaris gabung ke Persib Bandung itu justru kesulitan kembali ke bentuk permainan terbaiknya. Bahkan, sudah 17 pertandingan Kayame puasa mencetak gol.

Penurunan permainan Kayame bisa dikatakan terjadi setelah dirinya mengalami cedera hamstring. Meski tergolong tidak parah, namun sejak terakhir kali mencetak gol ke gawang Pusamania Borneo FC di Stadion Segiri, 15 Juli 2016, Kayame seperti lupa caranya memperdaya kiper lawan.

Total kayame baru mengemas tiga gol dari 15 laga yang dilakoninya bersama Perspura selama ISC A 2016 bergulir, dua gol lainnya dia ciptakan ketika membantu Persipura mengalahkan PS TNI dengan skor 3-1 di Stadion Pakansari, Bogor, 19 Juni 2016. Setelah menggelontorkan bola ke gawang PS TNI dan PBFC, nama Kayame tak pernah lagi mencetak gol.

Pada laga sebelumnya melawan PBFC di Stadion Mandala, Kayame yang dimainkan sejak menit awal oleh Pelatih Angel Alfredo Vera tak mampu membantu Mutiara Hitam meraih kemenangan setelah harus puas dengan hasil imbang tanpa gol. Dalam beberapa pertandingan sebelumnya, Kayame lebih sering dimainkan sebagai pemain pengganti dan bahkan tak dimainkan sama sekali.

Kegagalan dirinya menjawab kepercayaan yang diberikan Alfredo Vera di laga melawan PBFC, akhir pekan lalu, bukan tak mungkin membuat namanya kembali hanya menghiasi daftar pemain cadangan saat Persipura menghadapi Persib dalam lanjutan ISC A 2016 pekan ke-28 di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (12/11/2016).

Seperti diketahui Kayame sempat menjalani latihan bersama Persib di era kepelatihan Dejan Antonic. Belum sampai satu bulan berlatih, dia memutuskan kembali ke klub lamanya Persipura kendati saat itu Dejan dan manajemen Persib memberi sinyal bakal mengontraknya. Dejan kala itu bahkan mengungkapkan kekecewaannya oleh keputusan Kayame.

Bakat Ricky Kayame sebenarnya sempat membuat mantan pelatih Persipura Jacksen F Tiago terpukau. Jacksen merekrut Kayame setelah melihat kemampuannya lewat proses seleksi saat putra Ayub Kayame, Kepala Biro Kesra Pemprov Papua itu, masih memperkuat klub amatir PS Koteka Putra Jayapura pada 2012.

Meski sangat jarang memberikan kesempatan bermain kepada Ricky, namun Jacksen kala itu berkeyakinan kalau Ricky bakal jadi pemain hebat dan dia pun tak sungkan menjulukinya sebagai penerus Boaz atau The Next Boaz seperti yang pernah ramai-ramai ditulis media ketika Dejan mengajaknya gabung ke Persib.

Julukan The Next Boaz sendiri belakangan mulai lepas dari Kayame dan kini banyak pihak yang justru mengarahkan julukan tersebut kepada rekannya Marinus Mariyanto Manewar yang baru berusia 18 tahun.(*)

Komentar