Tanpa Andik, Riedl Optimistis Indonesia Tetap Mengejutkan

Andik Vermansyah dipastikan absen membela Indonesia di final leg kedua Piala AFF 2016 menghadapi Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, malam ini (live RCTI dan iNews mulai pukul 18.00 WIB).

Absennya Andik dinilai akan memengaruhi daya gedor skuat Garuda. Namun pandangan ditepis pelatih Alfred Riedl. Ia menegaskan, dengan atau tanpa Andik, Indonesia akan bermain sebagai kesatuan unit.

Andik mengalami cedera itu ketika bermain di final leg pertama di Stadion Pakansari, Rabu (14/12/2016) dimana Indonesia menang 2-1. Saat itu dia hanya bermain selama 20 menit dan digantikan Zulham Zamrun.

Banyak pengamat yang menilai absennya Andik bisa menyulitkan Indonesia mewujudkan misi meraih gelar juata Piala AFF untuk pertama kalinya. Sebab peran gelandang berusia 25 tahun itu dinilai cukup penting bagi skuat Garuda. Salah satu kontribusinya ketika membantu Indonesia mengalahkan Singapura 2-1 pada laga penutup penyisihan Grup A dengan menyumbang satu gol.

"Saya tidak cemas sekalipun Andik Vermansyah absen karena cedera. Soalnya, Indonesia masih diperkuat banyak pemain berkualitas. Kami optimistis bisa merebut gelar juara," ucap Riedl saat jumpa media, dilansir Sindonews.com.

Satu hal yang ditekankan Riedl adalah mengenai status Indonesia yang 'masih' tak diunggulkan. Dia mengakui Indonesia bagaimanapun tetap dianggap underdog atau kuda hitam.

Itu sebabnya Riedl tetap merasa gembira dan bangga karena Indonesia bisa melangkah lebih jauh dari yang diperkirakan banyak orang dengan lolos ke final dan kini berpeluang jadi juara meski 'hanya' mengangtongi modal kemenangan yang skornya bisa dikatakan sangat riskan yakni 2-1.(*)

Komentar