Thailand Kubur Mimpi Indonesia di Rajamangala

Impian Indonesia meraih gelar juara Piala AFF 2016 kandas setelah menelan kekalahan 0-2 dari Thailand pada final leg kedua di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12/2016).

Hasil tersebut membuat skuat Garuda yang menang di leg pertama dengan skor 2-1 kalah aggregat 2-3 dari Thailand. Gelar juara ini jadi yang kelima buat Thailand, sebaliknya buat Indonesia kegagalan ini juga jadi yang kelima. Setelah sebelumnya gagal di final Piala AFF 2000, 2002, 2004, dan 2010.

Kemenangan Thailand atas Indonesia di leg kedua, bisa dikatakan tak lepas dari keputusan brilian pelatih Kiatisuk Senamuang untuk melakukan perubahan besar dalam susunan pemain inti.

Salah satunya dengan memainkan kembali Siroch Chatthong sebagai tandem Teerasil Dangda di lini depan. Terbukti penyerang milik Ubon UMT United itu jadi protagonis di laga ini dengan memborong dua gol. Masing-masing pada menit 37 dan 47.

Indonesia sendiri di laga ini nampak kesulitan meladeni permainan Thailand yang sangat sabar dalam mengalirkan bola. Skema serangan balik pasukan Garuda kerap mampu dimentahkan oleh para pemain pasukan Gajah Perang yang antarlini terlihat cukup hidup dan seimbang.

Thailand sebenarnya bisa memperbesar keunggulan andai Teerasil Dangda mampu memaksimalkan peluang dari titik penalti. Namun sepakan pemain Muangthong United yang sempat diincar Persib Bandung itu bisa dimentahkan Kurnia Meiga pada menit 80.

Skor 2-0 untuk Thailand bertahan sampai akhir dan sudah cukup bagi skuat Gajah Perang untuk mempertahankan trofi Piala AFF dengan keunggulan aggregat 3-2.(*)

Komentar