Timnas 'Tergiur' Talenta Pemain Muda di Jabar, Ini Buktinya


Begitu banyaknya talenta muda  usia 18 tahun di Jawa Barat, memaksa pelatih tim nasional U-19, Indra Sjafri harus turun langsung menyeleksi calon skuatnya yang dipersiapkan menuju AAF U-18 Championship di Myanmar.

Penyeleksian pemain di tingkat Jabar  yang awalnya sudah terjaring sebanyak 15 orang pada tahap pertama, dilanjutkan dengan penjaringan tahap dua dengan tambahan sembilan pemain hingga berjumlah 24 orang pada proses seleksi yang digelar di Lapangan Lodaya, Minggu (19/2/2017).

Ini dilakukan Indra Sjafri yang bertugas berkeliling ke seluruh Asprov yang ada Indonesia berharap penjaringan lebih selektif. 24 pemain hasil seleksi asal Jabar, telah dikantongi Indra Sjafri dan dibawa ke Jakarta untuk selanjutnya akan dilakukan pemanggilan bagi pemain yang memiliki kriteria yang diinginkan.

“Ini seleksi regional, sebelumnya saya telah menyeleksi 328 anak di tingkat Asprov yang ada di Indonesia dan sekarang ada sekitar 23 pemain yang kita lihat dan akan saya seleksi, soal hasil akan kita bandingkan dulu dengan hasil  seleksi regional yang sama berlangsung di tiga kota,” jelas Indra Sjafri kepada wartawan di Lapangan Lodaya Bandung, Minggu (19/2).

Menurutnya, proses seleksi nasional di seluruh Asprov akan berlangsung hingga 27 Februari. Nantinya, kata dia, akan digodok melalui meeting dan akan dilakukan pemanggilan sebanyak 80 pemain hasil seleksi se-Indonesia. Proses selaksi nasional hasil penjaringan tersebut katanya, akan digelar  di Sentul, Cibinong, Kabupaten Bogor.

“Penyeleksi di tingkat Asprov  hanya dilihat dari sisi regional dengan kriteria  kita masih melihat kemampuan bermain dan hanya pengamatan, Berbeda dengan tingkat nasional, kita akan lebih detail lagi, ada general check up, psikotes dan intelejensi pemain dan ada tes fisik secara lengkap dan komplit,” ujar Indra Sjafri.

Indra Sjafri beralasan kenapa harus turun langsung dalam proses penyeleksian calon skuat timnas U-19, sebab Jabar merupakan gudangnya pemain dan pemilihannya dilakukan oleh oleh pemandu bakat yang ada di Jabar.

“Saya pikir yang dipilih khusus oleh Asprobv sebanyak 328 yang hadir akan kita seleksi dan  saya akan diskusikan  dengan teman-teman karena yang kita  cari adalah  yang terbaik, yang terbaik ini itulah  yang kita panggil pada 28 Februari nanti,” jelasnya lagi.

Indra Sjafri menambahkan, bahwa pemain yang dibutuhkannya adalah pemain yang semuanya komplet sebagai pemain yang akan memperkuat tim nasional U-19. “Pokoknya, dari segi fisik dia punya kecepatan, dia juga harus  punya skill yang bagus, itu saja dasarnya,” katanya.(*)

Sumber: Topskor.id

Komentar