Andik Vermansyah Gagal Bawa Selangor Pertahankan Piala Malaysia

Andik Vermansyah gagal membawa Selangor FA mempertahankan gelar Piala Malaysia yang direbut tahun lalu, setelah di laga final kalah lewat drama adu penalti dari Kedah FA dengan skor 6-7 (1-1, adu penalti 5-6) di Stadion Shah Alam, Minggu (30/10/2016).

Andik yang dipercaya sebagai kapten dalam laga ini terlihat kurang optimal karena dikawal ketat pemain Kedah FA meski dalam beberapa momen dia berhasil merepotkan pemain Kedah.

Setelah kedua tim bermain tanpa gol di babak pertama, Kedah unggul lebih dulu melalui tendangan jarak jauh Rizal Ghazali yang berbelok arah setelah membentur pemain Selangor pada menit 52.

Namun keunggulan Kedah tak berlangsung lama setelah Ahmad Azwan Bakrie berhasil menyamakan kedudukan di menit 60 lewat kerja sama apik dengan Patrick Wleh. Skor 1-1 ini bertahan sampai 90 menit waktu normal.

Di masa perpanjangan waktu kedua tim gagal mencetak gol dan laga harus diakhiri lewat adu penalti. Di babak tos-tosan ini Selangor sempat di atas angin setelah algojo pertama Kedah Shane Smeltz yang melakukan penalti ala Panenka gagal menjalankan tugasnya.

Sayangnya eksekutor ketiga Selangor Azmi Muslim juga gagal mengeksekusi penalti. Setelah kedudukan imbang 4-4, kedua tim harus melanjutkan ke adu penalti tambahan.

Dari tiga penendang penalti tambahan Selangor, hanya Andik yang sukses mengeksekusi penalti. Sedangkan dua lainnya Mohd Hafiz Kamal dan Rizal Fahmi gagal menjalankan tugasnya.

Sementara dari tiga algojo tambahan Kedah, hanya Amirul Hisyam yang gagal mengeksekusi penalti. Sementara Rizal Ghazali jadi penentu kemenangan Kedah lewat eksekusi penaltinya yang sukses mengecoh kiper Selangor.

Keberhasilan ini merupakan sukses kelima Kedah merengkuh trofi Piala Malaysia. Terakhir kali mereka merebutnya pada 2008 dan uniknya yang menjadi lawan di final saat itu adalah Selangor FA.(*)

Komentar