Keputusan Absurd Wasit Hamsir di Laga PSM vs Persib


Gol kontroversial PSM Makassar yang dilesakkan Ronald Hikspoors pada menit 66 memantik emosi dan protes dari skuat Persib Bandung.

Keputusan wasit yang memimpin pertandingan Hamsir terasa absurd atau 'konyol' karena sebelum gol terjadi, terlihat jelas Syamsul Chaerudin melakukan dorongan kepada kiper Persib Deden M Natshir.

Akibat dorongan Syamsul, Deden terjatuh dan bola liar dengan mudah ditanduk Hikspoors tanpa mampu dijangkau Deden maupun pemain Persib lainnya. Sontak keputusan wasit Hamsir menunjuk titik tengah sebagai tanda sahnya gol diprotes para pemain Persib.

Keputusan tersebut terlihat cukup memengaruhi para pemain Persib yang awalnya bermain cukup mengalir dan lebih sering menciptakan peluang terlihat jadi kurang fokus.

Baca juga: Persib Akan Bangun Markas Baru nan Mewah di Gedebage
Baca juga: Iklan Jadul Ini Jadi Bukti Persib Sejak 'Baheula' Sudah Jadi Objek Komersial

Absurd-nya keputusan-keputusan Hamsir juga terlihat dalam beberapa momen selanjutnya. Seperti saat Titus Bonai yang menyerang Rachmat Hidayat karena nampak kecewa oleh aksi pemain Persib bernomor punggung 17 itu yang mengangkat kaki terlalu tinggi saat perebutan bola dengan Wiljan Pluim.

Dalam tayangan televisi wasit sebenarnya sudah akan mengeluarkan kartu kuning kepada Rachmat, tapi tiba-tiba Tibo melakukan aksi tak terpuji dengan mendorong keras Rachmat hingga nyaris terjengkang.

Tindakan Tibo sontak memicu kemarahan pemain Persib lain hingga nyaris membuat pemain kedua tim terlibat baku hantam. Beruntung bagi Tibo aksi tak terpujinya itu hanya diganjar kartu kuning karena dalam momen tersebut wasit tak bersikap tegas seperti saat mengusir Zulvin Zamrun setelah menginjak punggung Febri Hariyadi.(*)

Komentar