Persija Minus Pacheco dan Andik di Laga Klasik Kontra Persib


Lini belakang Persija Jakarta terancam keropos saat menghadapi Persib Bandung dalam laga yang rencananya digelar di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (5/11/2016).

Selain kehilangan kiper andalannya Andritany Ardhiyasa dan bek tengah Gunawan Dwi Cahyo karena sedang menjalani pemusatan latihan bersama timnas Indonesia. Macan Kemayoran juga kehilangan bek sayap kiri mereka Andik Rendika Rama dan bek sentral William Pacheco akibat akumulasi kartu kuning.

Keduanya menerima kartu kuning ketika Persija menelan kekalahan 0-2 dari Pusamania Borneo FC di Stadion Manahan, Minggu (30/10/2016). Kartu kuning yang diterima Andik merupakan yang kelima, sementara bagi Pacheco adalah yang kesembilan.

Artinya sesuai regulasi sanksi larangan bermain akibat akumulasi kartu kuning keduanya dilarang bermain di laga berikutnya seperti diatur dalam Pasal 56 ayat 1. Dalam pasal tersebut ditulis;

“Pemain yang memperoleh akumulasi 3 kartu kuning dalam 3 Pertandingan yang berbeda, tidak diperkenankan untuk bermain 1 kali Pertandingan pada pertandingan berikutnya. Aturan ini juga berlaku untuk kelipatan berikutnya (kelima, ketujuh, kesembilan, dan seterusnya).”

Absennya Andik dan Pacheco tentunya memaksa pelatih Persija Zein Al Hadad harus berpikir keras mengatur komposisi pemain di lini belakang. Terutama untuk mencari pengganti Pacheco yang bermain baik menghalau serangan Persib dalam pertemuan di putaran pertama di Stadion GBLA.

Kondisi Persib sendiri bisa dikatakan tak lebih baik dari Persija. Sebab selain harus kehilangan Yanto Basna dan Zulham Zamrun yang 'dipinjam' timnas Indonesia. Maung Bandung pun dipastikan kehilangan Hariono akibat akumulasi kartu kuning.(*)

Komentar