Samsul Arif Bidik Piala AFF Ketiga


Samsul Arif mengaku senang setelah dipanggil mengikuti seleksi Tim Nasional Indonesia. Striker Persib Bandung tersebut masuk ke dalam jajaran 40 pemain yang berpeluang tampil pada Piala AFF 2016.

Pemain kelahiran Bojonegoro 31 tahun silam itu bertekad merasakan pengalaman ketiga tampil di turnamen sepak bola antarnegara paling bergengsi di kawasan ASEAN ini. Sebelumnya Samsul masuk skuat utama timnas Indonesia di Piala AFF 2012 dan 2014.

Namun untuk mendapatkan satu tempat dari 23 slot yang tersedia di skuat akhir timnas, Samsul harus kerja keras bersaing dengan barisan penyerang lain. Mereka adalah Boaz Salossa, Lerby Eliandry, Ferdinand Sinaga, Irfan Bachdim dan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh.

"Alhamdulillah, saya tiga kali berturut-turut ikut jadi bagian timnas di Piala AFF. Selama pelatnas saya sempat dipanggil, tapi cedera. Alhamdulillah saya masih tetap masuk namanya. Ini jadi semangat tersendiri buat saya, saya akan lebih kerja keras lagi bersama timnas dan Persib," ungkap Samsul seperti dilansir Sindonews.

Tak hanya bersaing membuktikan diri layak masuk skuat akhir, Samsul pun harus beradaptasi dengan strategi racikan Alfred Riedl. Hal itu wajar terjadi sebab ia sudah lama absen karena cedera.

"Pasti harus adaptasi. Setiap pelatih pasti punya metode tersendiri. Tapi tidak masalah karena saya pernah dilatih Riedl. Tinggal menyesuaikan saja," ujarnya.

Di Piala AFF 2016, Indonesia berada di grup A. Tim Merah Putih bertemu tiga lawan berat yakni Thailand, Singapura serta Filipina yang bertindak sebagai tuan rumah.(*)

Komentar