Bagi Vietnam, Alfred Riedl Adalah Pahlawan

Pelatih Vietnam Nguyen Huu Thang mengaku tak sabar adu strategi dan taktik dengan Alfred Riedl yang merupakan mantan mentornya ketika dirinya membela skuat Bintang Emas di Piala Tiger 1998 lalu.

Kala itu timnas Vietnam berhasil mencapai final, namun kalah 0-1 dari Singapura di partai puncak dan apa yang dicapai Nguyen baik selama jadi pemain maupun ketika merintis karier sebagai pelatih, seperti dilaporkan Bongdaplus yang dikutip Pikiran-rakyat.com, tak lepas dari peran Riedl yang dulu dinilainya banyak membantu perkembangan sepak bola Vietnam.

Riedl ibarat pahlawan yang menghadirkan perubahan besar dalam sepak bola Vietnam hingga membuat mereka bisa jadi salah satu negara yang cukup disegani di kawasan ASEAN. Bahkan, di level junior timnas sepak bola Vietnam juga cukup diperhitungkan di Asia. Buktinya mereka baru saja sukses mengirim timnas U-19 ke Piala Dunia U-20 setelah menembus semifinal Piala Asia U-19 2016.

Riedl sendiri menangani timnas Vietnam dalam tiga periode berbeda. Masing-masing dari tahun 1998 sampai 2000. Lalu, 2003-2004 dan 2005-2007. Sebelum dipercaya menangani timnas Indonesia, Riedl sempat jadi arsitek timnas Laos pada 2009-2010.

Di semifinal Piala AFF 2016, sama halnya dengan Indonesia, Vietnam pun di leg pertama tidak akan diperkuat oleh pemain andalannya, Truong Dinh Luat. Pemain belakang Vietnam tersebut absen setelah mendapatkan kartu merah di laga terakhir Grup B melawan Kamboja, akhir pekan lalu. Beberapa nama menurut Huu Thang telah disiapkannya, salah satunya adalah Tran Dinh Dong.

Dari catatan pertemuan kedua negara tersebut di Piala AFF sejak 1006 lalu, Indonesia dan Vietnam lebih banyak bertemu di babak penyisihan grup. Tercatat tiga kali pertemuan mereka di fase grup pada tahun 1996, 2002, dan 2007 semua berbuah poin imbang.

Satu kali mereka bertemu di semifinal Piala AFF 2000, dimana ketika itu Vietnam takluk dari Indonesia 2-3 lewat gol penentu yang diciptakan Gendut Doni Christiawan pada menit-menit akhir. Lalu, satu kali juga mereka berjumpa pada perebutan juara ketiga pada AFF 1996 lalu, ketika itu Vietnam berhasil mengalahkan Indonesia 3-2 untuk meraih perunggu.

Secara keberhasilan, Indonesia tercatat empat kali lolos menembus babak semifinal pada 2000, 2002, 2004, dan 2010. Dimana di tahun-tahun tersebut, Indonesia finis sebagai runner-up.

Sementara, Vietnam mencatatkan delapan kali lolos ke babak semifinal, tapi mereka hanya dua kali menyentuh partai final. Dari dua final tersebut, Vietnam pernah merengkuh juara AFF pada 2008 setelah mengalahkan Thailand.(*)

Komentar