Ini Foto Kondisi Terakhir Stadion GBLA, Mustahil Gelar Semifinal Piala AFF?

Stadion GBLA. Google Images
Rencana PSSI memakai Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) untuk menggelar pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2016 sepertinya sulit terwujud. Penyebabnya adalah kondisi rumput stadion yang belum layak karena masih dalam tahap rehabilitasi.

Hal itu nampak dari beberapa foto yang diunggah akun Twitter @GBLAstadium. Dalam beberapa foto terlihat banyak spot atau titik yang masih dalam tahap pemulihan maupun sedang ditanami kembali rumput.
Kondisi terakhir Stadion GBLA seperti diunggah akun @GBLAstadium. Twitter
Di sana-sini masih banyak terdapat lubang, rumput terkelupas, sampai tidak rata. Oleh karena itu bisa dimaklumi jika dikatakan proses pemulihan rumput masih jauh dari kata mendekati selesai.

Selain Stadion GBLA, PSSI juga kabarnya melirik Stadion si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung. Namun meski kondisinya cukup memadai akses transportasi dinilai bakal jadi kendala. Apalagi tak jauh dari lokasi ada proyek pembangunan jalan Tol Soroja.

Kondisi terakhir Stadion GBLA seperti diunggah akun @GBLAstadium. TwitterAlternatif kedua adalah Stadion Manahan di Kota Solo. Dan, melihat kondisi Stadion GBLA terkini peluang Stadion Manahan jadi lokasi digelarnya laga semifinal cukup terbuka setelah Stadion GBK di Jakarta dipastikan tak bisa digunakan karena sedang direnovasi.

Selain tiga stadion tersebut, sejumlah stadion sebenarnya bisa dikatakan juga layak menggelar laga internasional. Di antaranya Stadion Wibawa Mukti di Kabupaten Bekasi, Stadion Patriot, Kota Bekasi; Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Stadion Gelora Delta Sidoarjo, dan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring di Palembang atau mungkin bisa juga Stadion Palaran di Samarinda.

Kondisi terakhir Stadion GBLA seperti diunggah akun @GBLAstadium. Twitter
Sebelumnya Stadion GBLA mengalami kerusakan pascapelaksanaan PON 2016 sehingga memerlukan rehabilitasi atau pemulihan kembali kondisi rumput lapangannya. Proses pemulihan rumput lapangan ini memakan waktu karena pada saat itu kerusakan yang terjadi sangat parah. Bahkan rumput di semua sisi lapangan mati semua. Itu karena seluruh permukaan lapangan ditutup dengan kayu.

Namun begitu belum ada pernyataan resmi dari Pemkot Bandung maupun PSSI terkait kondisi Stadion GBLA apakah cukup layak atau tidak.(*)

Kondisi terakhir Stadion GBLA seperti diunggah akun @GBLAstadium. Twitter

Komentar