Persib Batal Tampil di Liga Champions Asia 2017?

Tidak ada satu pun klub-klub asal Indonesia yang mendapatkan AFC Member Associations Licensed Club 2017 atau lisensi profesional klub anggota AFC. Hal tersebut membuat klub-klub asal Tanah Air tidak mendapatkan jatah untuk berlaga di Liga Champions Asia 2017, Selasa (29/11/2016).

Asosiasi Federasi Sepakbola Asia (AFC) secara resmi mengumumkan klub-klub benua Asia yang berhak mendapatkan AFC Member Associations Licensed Club 2017 atau lisensi profesional klub anggota AFC.

Dilansir Indosport.com, penilaian AFC Member Associations Licensed Club 2017 berdasarkan kesempurnaan dari segi finansial klub, infrastruktur, suppoting, legal, personel, administrasi.

Lisensi tersebut dijadikan acuan utama untuk klub-klub yang ingin berlaga di Liga Champions 2017. Acuan ini diberlakukan untuk semua klub-klub negara-negara benua Asia.

Sebelumnya Persib dan Persipura jadi calon wakil Indonesia di kompetisi antarklub Asia 2017, dasarnya karena kedua klub berstatus juara dan runner up ISL 2014 yang dipakai landasan buat PSSI untuk menentukan wakil Indonesia di Asia.

Jika acuannya seperti itu, maka Persib bakal jadi wakil Indonesia di AFC Champions League (ACL) 2017. Namun dengan keluarnya rilis dari AFC tersebut, maka kemungkinan Maung Bandung harus melupakan tampil di kompetisi antarklub Asia tersebut.

Kendati begitu, jika PSSI tetap memproyeksikan wakil Indonesia berdasarkan hasil kompetisi ISL 2014, Persib tetap berpeluang tampil di kompetisi antarklub Asia kasta kedua yakni AFC Cup 2017.(*)

Sumber: Indosport.com

Komentar