Persib Gunakan Formasi Darurat & Mungkin Terasa Aneh

Absennya Vladimir Vujovic karena akumulasi kartu kuning dan diragukannya Diogo Ferreira membuat pelatih Persib Bandung Djadjang Nurdjaman lumayan 'pening' menyiapkan skuat yang bakal diandalkannya menghadapi Perseru Serui di Stadion si Jalak Harupat, Rabu (30/11/2016) sore ini.

Akibat situsi tersebut, Maung Bandung mengalami krisis di lini belakang dan kemungkinan Djanur akan menggunakan formasi darurat dengan komposisi pemain yang bakal terasa aneh.

Itu dikarenakan ada kemungkinan bagi Djanur untuk memainkan Hariono sebagai bek tengah. Selama ini Hariono sangat identik sebagai gelandang bertahan. Namun karena situasi dan kondisi, wakil kapten Persib itu bakal dipaksa 'keluar' dari zona nyaman.

Hariono diproyeksikan jadi tandem Tony Sucipto di jantung pertahanan Persib. Tony sendiri selama ini memang lebih nyetel bermain di sisi kiri pertahanan, namun berbeda dengan Hariono, bagi Tony bermain sebagai center back bukan hal baru dan sering dia lakoni.

Tak hanya Hariono yang disiapkan untuk diplot di posisi bek tengah, kemungkinan lainnya adalah menempatkan tiga bek sejajar dengan memasang Tony, Jajang Sukmara, dan Dias Angga Putra. Serta, memainkan tiga gelandang bertahan sekaligus yakni Hariono, Taufiq, serta Kim Jeffrey Kurniawan yang bisa bergerak lebih ke depan menyokong serangan.

"Ya, satu masalah lagi di lini belakang, Diogo sakit dan kecil kemungkinan dia bisa main besok. Jadi, sekarang kami sama sekali tidak punya pemain dengan posisi asli sebagai bek tengah," ujar Djanur, dilansir Pikiran-rakyat.com.

"Ya, formula yang sudah disiapkan begitu, stopper akan diisi oleh Tony berduet dengan Hariono. Komposisi ini memang tidak ideal, mereka berdua bukanlah bek tengah. Tapi, pilihan itu harus dilakukan karena tidak ada opsi lain," pungkasnya.(*)

Komentar