Semifinal Leg Pertama Piala AFF 2016 di Stadion GBLA?

Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Wikipedia
PSSI belum menyampaikan pernyataan resmi terkait stadion mana yang bakal digunakan timnas Indonesia saat menghadapi Vietnam di leg pertama semifinal Piala AFF 2016, Sabtu (3/12/2016).

Hal itu tak lepas dari kemungkinan besar tak bisa digunakannya Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, yang sejak akhir Juni lalu direnovasi untuk persiapan Asian Games 2018.

Namun begitu laman Wikipedia sudah mencantumkan nama Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sebagai lokasi digelarnya laga semifinal skuat Garuda melawan pasukan Bintang Emas yang sudah dipastikan bakal jadi juara Grup B.
Informasi jadwal semifinal Piala AFF 2016 yang dimuat Wikipedia.
Meski demikian status Stadion GBLA sebagai venue laga semifinal leg pertama masih mungkin berubah karena Federasi Sepak Bola ASEAN pun di laman resmi mereka belum memuat lokasi atau stadion yang bakal digunakan Indonesia, Thailand dan Vietnam yang sudah memastikan lolos ke semifinal. Begitupun dengan jam kick off pertandingannya baik untuk leg pertama maupun kedua.

Apalagi Wikipedia merupakan situs referensi yang bisa  diedit oleh penggunanya baik untuk menambahkan ataupun mengubah isi suatu informasi di dalam situs tersebut. Terlebih kondisi terakhir Stadion GBLA pun belum dipastikan siap atau tidak setelah sebelumnya mengalami kerusakan pascapelaksanaan PON 2016 sehingga memerlukan rehabilitasi atau pemulihan kembali kondisi rumput lapangannya.

Selain Stadion GBLA, sejumlah stadion yang bisa dikatakan layak menggelar laga internasional selain Stadion GBK adalah Stadion Wibawa Mukti di Kabupaten Bekasi, Stadion Patriot, Kota Bekasi; Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya dan tak menutup kemungkinan juga Stadion Manahan Solo atau Stadion Gelora Delta Sidoarjo, serta Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring di Palembang.

Vietnam sendiri yang akan jadi lawan Indonesia di semifinal meski masih menyisakan satu laga melawan Kamboja, namun dipastikan jadi juara Grup B. Sebab, Le Chong Vinh Cs sudah unggul head to head dengan Myanmar dan Malaysia.

Dengan kata lain sekalipun Vietnam kalah telak dari Kamboja dan Myanmar atau Malaysia juga menang telak, itu tak akan mengubah posisi Vietnam di puncak klasemen walaupun memiliki nilai yang sama dengan Myanmar atau Malaysia.(*)

Komentar