Vietnam Lebih Difavoritkan, Indonesia Jadi 'Kuda Hitam'


Indonesia tak lebih difavoritkan dan diunggulkan dibandingkan Vietnam. Status Indonesia sebagai runner up grup dan Vietnam sebagai juara grup B jadi salah satu faktor di atas kertas yang membuat skuat Garuda kurang diperhitungkan pada laga ini.

Faktor lainnya adalah dalam dua pertemuan sebelumnya di laga uji coba, terbukti Indonesia kesulitan menghadapi gaya bermain Vietnam. Bermain imbang 2-2 di Sleman, lalu kalah 2-3 di Hanoi.

Apalagi di pertandingan leg pertama semifinal Indonesia tak akan diperkuat dua pemain yang selama ini diandalkan di posisi bek tengah, Rudolof Yanto Basna dan Fachrudin Wahyu Aryanto yang terkena akumulasi kartu kuning.

Keraguan juga dialamatkan kepada skuat timnas. Sebab di tengah apresiasi besar publik sepak bola di Tanah Air, tak sedikit yang memandang 'sinis' lolosnya Indonesia ke semifinal, ada yang menyebut Boaz Solossa Cs beruntung dan lainnya.

Namun di tengah status kurang difavoritkan, Indonesia justru bisa memetik keuntungan. Paling tidak skuat Merah Putih tak perlu merasa terbebani dan harus menikmati permainan dalam duel yang digelar dengan format home and away tersebut.

Pelatih Alfred Riedl berharap skuat Garuda bisa menunjukkan diri layak berada di semifinal dan mematahkan prediksi para analisis yang cenderung lebih mengunggulkan Vietnam bakal melenggang ke final.

"Kita sudah pernah menghadapi mereka dua kali dalam laga persahabatan. Sejauh ini kedua tim sudah pasti saling mengetahui kekuatan dan kelemahan masing-masing. Mereka sudah berkembang cukup baik, dan kami pun begitu. Kini tinggal tergantung bagaimana kondisi di lapangan nanti," ungkapnya, dilansir Pikiran-rakyat.com.

Meskipun Riedl sadar Vietnam lebih difavoritkan di semifinal nanti. Tapi Riedl meyakinkan agar para pemain menyadari jika Indonesia memiliki peluang yang sama ke final dengan pasukan Bintang Emas.

Riedl pun tak khawatir dengan kondisi yang dihadapinya karena Basna dan Fachrudin absen. Dia meyakinkan semua pemain diperlakukan dan dipandang sama. "Semua pemain saat ini memiliki kualitas yang merata. Jadi, tidak sulit mencari pengganti pemain yang absen," tegasnya.

Jika melihat stok pemain di posisi tersebut, Riedl memiliki tiga opsi pemain yang bisa dipilihnya, yakni Gunawan Dwi Cahyo, Manahati Lestussen, dan Hansamu Yama Pranata.

Leg pertama semifinal Piala AFF 2016 antara Indonesia akan dilaksanakan Sabtu (3/12/2016) yang venue pertandingannya belum ditentukan. Sedangkan leg kedua dihelat di Stadion My Dinh, Hanoi, Rabu (7/12/2016).(*)

Komentar