Seperti Ini Pergerakan Persib di Bursa Transfer Pemain

Sejauh ini bisa dikatakan tak ada 'sensasi' di balik pergerakan Persib Bandung dalam bursa transfer pemain jelang kompetisi resmi musim 2017. Maung Bandung untuk sementara'baru' menghasilkan empat pilar anyar plus satu calon.

Harapan tinggi bobotoh terhadap upaya manajemen untuk membawa pulang Makan Konate batal terwujud setelah proses negosiasi dengan agen tak menemui titik temu ditambah kondisi gelandang asal Mali itu yang kemungkinan harus istirahat lumayan lama setelah menjalani operasi untuk menyembuhkan cedera lututnya.

Keempat pemain yang sudah dipastikan bakal merapat tersebut adalah Dedi Kusnandar, Patrick Dos Santos Cruz, Shohei Matsunaga, dan Wildansyah. Sementara sisanya adalah 14 pemain lama yang dipertahankan plus kemungkinan mempromosikan tiga pemain dari skuat junior.

Sedangkan satu slot pemain asing diperebutkan oleh Alex Willian Costa Silva (Brasil) yang berstatus seleksi dan Marcos Flores yang berstatus menunggu. Lalu dua nama pemain lokal masih dirahasiakan rapat-rapat oleh Pelatih Djadjang Nurdjaman.

Sehingga secara matematis dalam perhitungan Djanur, total sudah ada 23-24 pemain. Rinciannya, 14 pemain lama yang dipertahankan, empat pemain anyar yang sudah diumumkan namanya, dua pemain lokal baru yang masih dirahasiakan, tiga pemain yang dipromosikan dari skuat junior dan satu pemain asing (Flores atau Alex).

Meski tanpa 'sensasi' besar, salah satunya karena batalnya Konate pulang ke Bandung. Tapi Djanur terlihat cukup yakin karena bagaimanapun tentu ia dan jajaran pelatih Persib lebih paham apa yang dibutuhkan untuk merancang dan membangun kekuatan Maung Bandung musim depan, sekalipun banyak suara atau saran, termasuk dari bobotoh yang mengusulkan sejumlah nama besar.

Dengan komposisi pemain yang lebih minimalis dibandingkan komposisi skuat sebelumnya, Djanur optimistis pemilihan pemain yang dilakukan bisa menghasilkan sesuatu yang maksimal. Bahkan, dia berusaha menumbuhkan kepercayaan diri kepada para pemain muda yang nantinya dipromosikan ke skuat senior.

Febri Hariyadi seolah jadi alasan yang Djanur lebih pede mengorbitkan jebolan Diklat Persib. Tak heran belakangan dia kian intensif melakukan komunikasi dengan jajaran staf pelatih di skuat Persib Junior yang dikendalikan Budiman Yunus.

"Saya berani menaikkan tiga pemain muda meski memang belum jadi jaminan mereka akan starting. Tapi dengan pemain yang ada, saya merasa komposisi ini sangat kompetitif," jelasnya.(*)

Daftar Skuat Sementara Persib Musim 2017

NAMA
POSISI
I Made Wirawan
Kiper
Deden M Natshir
Kiper
Muhammad Ridwan
Kiper
Vladimir Vujovic
Bek
Tony Sucipto
Bek
Yanto Basna
Bek
Jajang Sukmara
Bek
Wildansyah
Bek
Kim Jeffrey Kurniawan
Gelandang
Hariono
Gelandang
Dedi Kusnandar
Gelandang
Atep
Gelandang
Febri Hariyadi
Gelandang
Zulham Zamrun
Gelandang
Shohei Matsunaga
Gelandang
Tantan
Striker
Sergio van Dijk
Striker
Patrick Dos Santos Cruz
Striker
 

Keterangan:
Cetak miring pemain baru yang sudah diumumkan oleh manajemen

Komentar