Playmaker Incaran Persib Punya Harga Pasar Rp8,5 M

Dalam rekaman video, Willie Overtoom nampak cukup piawai mengeksekusi bola mati seperti tendangan sudut dan tendangan penalti. Laman Pikiran-rakyat.com menulis, Overtoom juga punya kemampuan melepaskan tendangan jarak jauh yang akurat.

Lahir pada 2 September 1986, kini Overtoom berusia 30 tahun. Klub pertama yang dibelanya secara profesional adalah Telstar yang berlaga di Eerste Divisie atau kompetisi kasta kedua di Belanda. Overtoom berseragam Telstar hanya semusim yaitu pada 2006-2007.

Namun laman Wikipedia menyebut klub pertama Overtoom adalah AZ Alkmaar pada 2005, sebelum dia dipinjamkan ke Telstar. Performanya yang menonjol membuat dia naik kasta dan direkrut Heracles yang berlaga di Eredivisie Belanda dari 2009 hingga 2013.

Di Heracles, Overtoom menikmati masa keemasannya. Pada musim 2010-2011, pemain bertinggi badan 170 cm itu bahkan mencetak 14 gol dari 35 pertandingan. Angka yang fantastis mengingat posisinya sebagai pemain gelandang.

Setelah 5 tahun bermain untuk Heracles, Overtoom pindah kembali ke AZ Alkmaar. Sayangnya, selama 3 tahun bersama AZ Alkmaar hingga 2015, dia hanya mencetak 1 gol.

Meninggalkan Belanda, Overtoom hengkang ke Liga Utama Belgia dan membela SV Zulte-Waregem. Di sana, dia hanya tampil 5 kali dengan total waktu 141 menit bermain.

Gelandang degan nama lengkap William Steve Overtoom itu pernah tampil 3 kali bersama timnas Kamerun pada 2012. Situs transfermarkt memprediksi, harga pasar Overtoom saat ini adalah 510.000 poundtserling atau setara dengan Rp8,5 miliar.

Perkiraan harga Transfermarkt tersebut memang tidak valid, tapi itu bisa jadi acuan untuk memperkirakan berapa nilai kontrak seorang pemain.(*)

Komentar