'Dongeng' Indonesia Berlanjut di Final Leg I Piala AFF 2016

'Dongeng' Indonesia di Piala AFF 2016 berlanjut setelah meraih kemenangan dalam final leg pertama melawan Thailand. Tampil di depan sekitar 30.000 penonton, skuat Garuda mematahkan semua prediksi usai mengandaskan pasukan Gajah Perang dengan skor 2-1 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Rabu (14/12/2016).

Indonesia memulai pertandingan di bawah tekanan Thailand yang sukses mengontrol permainan dengan gaya khas mereka yang lebih mengandalkan umpan-umpan pendek sebelum melakukan tusukan ke pertahanan Garuda.

Puncaknya Teerasil Dangda dengan jitu mampu memaksimalkan umpan crossing Theerathon Bunmanthan lewat sundulan kepada yang tak mampu dijangkau kiper Kurnia Meiga pada menit 33. Skor 1-0 ini bertahan hingga wasit meniup peluit akhir pertandingan.

Di babak kedua, Indonesia terlihat lebih mampu mengeksploitasi celah di barisan pertahanan Thailand lewat skema serangan balik. Hasilnya Rizky Pora mampu membuat puluhan ribu suporter Indonesia bergemuruh di Stadion Pakansari setelah tendangan kerasnya yang membentur Tristan Do membuat Kawin Thamsatchanan mati langkah dan hanya terperangah melihat gawangnya jebol pada menit 65.

Gol pemain incaran Persib Bandung itu seolah membuat motivasi pasukan Garuda jadi berlipat. Buktinya Indonesia mampu balik unggul lewat sundulan kepala Hansamu Yama Pranata usai memaksimalkan umpan sepak pojok Rizky Pora pada menit 70.

Gol Hansamu tersebut kembali membuat puluhan ribu penonton di Stadion Pakansari dan jutaan masyarakat Indonesia berjingkrak kegirangan. Skor 2-1 untuk Indonesia ini akhirnya mampu dipertahankan hingga akhir laga.

Baca juga: Lawan Thailand, Skuat Garuda 'Ulah Kumeok Memeh Dipacok'

Meski skor kemenangan Indonesia bisa dikatakan jadi skor 'riskan'. Namun bagaimanapun kemenangan ini jadi bukti bagi Indonesia jika Thailand yang lebih unggul secara teknis permainan bisa dikalahkan dengan modal motivasi tinggi.

Dan, perlu diingat juga Indonesia kini punya kesempatan mengukir sejarah sekaligus mengakhiri 'dongeng' di Piala AFF 2016 dengan cerita manis setelah banyak pihak yang meragukan dan mungkin 'mencibir kiprah skuat Garuda sebelum turnamen paling akbar di ASEAN itu digelar.

Kemenangan ini jadi modal bagi pasukan Garuda menghadapi final leg kedua di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12/2016).(*)

Komentar