Terancam Dipecat VFF, Riedl Bela Mantan Muridnya

Nguyen Huu Thang dan Alfred Riedl. AFF
Kegagalan Vietnam lolos ke final Piala AFF 2016 setelah kalah aggregat 3-4 dari Indonesia, sepertinya akan membuat pelatih Nguyen Huu Thang makin panen kritik.

Sebelumnya ia jadi sorotan publik sepak bola Vietnam dan media setempat karena dinilai gagal mengelola timnas dengan baik. Huu Thang dinilai tak mampu membuat skuat Bintang Emas tampil lebih garang dengan komposisi pemain yang dinilai mumpuni.

Akibatnya desakan pemecatan kepada Huu Thang mencuat. Terlebih setelah kegagalan di semifinal Piala AFF 2016, Huu Thang diprediksi bakal menerima tekanan lebih besar, khususnya dari pihak federasi sepak bola Vietnam.

Di tengah banjir kritikan yang mengarah kepada dirinya, masih ada yang menilai dan membela kinerja Huu Thang. Salah satunya adalah pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl yang notabene merupakan mantan mentornya ketika Huu Thang masih aktif bermain.

Riedl berharap VFF mempertahankan mantan muridnya itu karena Nguyen Huu Thang dinilainya punya potensi besar sebagai pelatih. Riedl bahkan mengatakan publik sepak bola Vietnam jangan menganggap sarannya itu sebagai candaan.

"Saya harap federasi Vietnam mempertahankan pelatih mereka (Nguyen Huu Thang). Ini bukan untuk ditertawakan, ini untuk masa depan (sepak bola Vietnam). Dia pelatih bagus dan saya tahu itu," tegasnya, dilansir FourFourTwo Indonesia.

Riedl pernah memoles Huu Thang ketika menangani timnas Vietnam di periode pertama yakni pada 1998-2000. Riedl sendiri menangani timnas Vietnam dalam tiga periode berbeda. Masing-masing dari tahun 1998 sampai 2000. Lalu, 2003-2004 dan 2005-2007.

Sosok Riedl sendiri di Vietnam bisa dikatakan cukup dihormati karena dinilai turut berjasa membuat sepak bola Vietnam jadi salah satu kekuatan paling diperhitungkan di kawasan ASEAN.

Bahkan dalam perkembangannya, sepak bola Vietnam perlahan mulai diperhitungkan juga di level Asia. Salah satunya adalah keberhasil tim junior mereka lolos ke semifinal Piala Asia 2016 U-19 sekaligus meraih tiket ke putaran final Piala Dunia U-20 tahun depan.(*)

Komentar